Kamis, 02 Desember 2010

MIS COMMUNICATION

Dalam sebuah organisasi salah satu hal penting yang ada didalamnya ialah komunikasi. Dalam kehidupan sehari-hari setiap kegiatan membutuhkan komunikasi sama halnya dengan organisasi. Komunikasi berperan penting dalam menentukan hubungan setiap individu-individu yang ada dalam suatu organisasi. Karena komunikasi termasuk hal penting dari suatu organisasi maka jika ada kesalahan komunikasi atau miscommunication dalam organisasi kemungkinan akan merugikan organisasi tersebut pula. Dengan komunikasi yang baik maka akan tercipta kerjasama yang baik pula.
Mis communication atau kesalahan dalam komunikasi dapat terjadi karena pesan yang dikirim dari satu pihak tidak dapat diterima dengan baik oleh pihak lainnya, sehingga terjadi kesalahan dalam sikap yang akan dilakukan setelah menerima pesan tersebut. Banyak hal yang dapat menyebabkan terjadinya mis communication, diantaranya yaitu bahasa yang digunakan, ilmu pengetahuan yang berbeda, dan media penyampaian.
Jika seseorang dalam penyampaian sebuah pesan menggunakan bahasa yang hanya dimengerti oleh dirinya atau sebagian kecil orang saja akan memungkinkan menimbulkan kesalahan komunikasi. Mengapa? Karena jika bahasa yang digunakan tidak dimengerti oleh penerima pesan maka akan menimbulkan suatu hal yang membingungkan dan akan memicu kekeliruan.
Ilmu pengetahuan juga mempengaruhi komunikasi. Pengetahuan setiap Individu mungkin berbeda, hal itu yang menyebabkan seringnya muncul miscommunication. Karena apa yang disampaikan oleh pengirim pesan belum tentu dapat dimengerti ataupun dicerna oleh penerima pesan dengan baik dan benar.
Miscommunication dapat menyebabkan gagalnya atau tidak tercapainya suatu tujuan dari komunikasi. Untuk itu, suatu organisasi perlu meminimalisir terjadinya miscommunication. Banyak cara untuk mencegah terjadinya miscommunication, diantaranya dengan berusaha menyampaikan pesan dengan jelas dan menggunakan bahasa yang umum digunakan dilingkungan. Misalnya jika biasa menggunakan bahasa Indonesia, sebaiknya pengirim pesan jangan terlalu menyombongkan diri dengan menggunakan bahasa asing yang dikuasainya namun belum tentu penerima pesan dapat mengerti maksud dan tujuan pesan tersebut.
Selain itu miscommunication dapat dicegah dengan cara setiap individu belajar memahami dan mengerti kondisi individu-individu yang ada di organisasi tersebut. Dan juga belajar berkomunikasi dengan setiap individu agar terbiasa melakukan komunikasi dalam usaha mencapai tujuan organisasi tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar