Sabtu, 10 Maret 2012

HARDSKILL (TULISAN 3)

HARDSKILL
Dalam tulisan sebelumnya sudah dibahas mengenai softskill dan bagaimana peranannya dalam dunia kerja. Selain softskill masih ada yang menentukan kesuksesan seseorang dalam dunia kerja yaitu hardskill. Kemapuan individu dalam suatu keahlian tertentu merupakan suatu tuntutan dalam perkembangan dunia kerja seperti saat ini. Kemampuan itulah yang disebut dengan hardskill.
Hard skills merupakan penguasaan ilmu pengetahuan, teknologi, dan keterampilan teknis yang berhubungan dengan bidang ilmunya. Hard skill cenderung lebih berorientasi dalam pengembanganintelligence quotient (IQ), sedangkan soft skill berorientasi dalam pengembanganemotional quotient (EQ). Proses pembelajaran dalam institusi pendidikan biasanya mengembangkan hardskill seseorang. Untuk memperkaya pengetahuan pelajar maka di sekolah atau universitas diberi pelajaran-pelajaran yang menunjang perkembangan hardskill. Contoh dari kemampuan hardskill ialah kemampuan teknis, akademis, dan juga pengetahuan teori.

Dalam dunia kerja dibutuhkan pekerja yang mempunyai kemampuan hardskill yang baik agar pekerjaan yang dilakukan dapat dikerjakan dengan tepat. Namun selain kemampuan hardskill yang baik, tidak bisa disangkal jika kemampuan softskill juga penentu kesuksesan seseorang. Untuk itu, sebaiknya antara hardskill dan softskill dalam diri seseorang harus terdapat keseimbangan agar didalam dunia kerja bukan hanya kemampuan teknis dari ilmu tertentu yang ada melainkan ditunjang pula dengan softskill yang baik.



SUMBER :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar