Kamis, 08 Maret 2012

KIAT ESEMKA (TULISAN 1)

ESEMKA bukti prestasi bangsa

Baru-baru ini Indonesia dibuat kagum dengan hasil karya pelajar Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Solo yang membuktikan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) khususnya anak bangsa mulai berkembang bahkan menunjukkan suatu kemajuan yang baik. Prestasi tersebut sering kali menjadi topik pembicaraan hampir diseluruh media akhir-akhir ini.
Sesuai dengan perakit mobil tersebut yang sebagian besar merupakan pelajar Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) maka mobil hasil rakitannya diberi nama esemka. Para siswa SMK tersebut didampingi oleh Sukiyat yang merupakan ketua komite disekolah mereka. Sukiyat yang pada awalnya hanya ingin membantu para siswa dalam praktik membuat body mobil tidak pernah bermimpi untuk membuat mobil.  Mobil pertama hasil karya para siswa esemka dengan kerjasamanya bersama bengkel kiat motor diberi nama esemka rajawali.

Spesifikasi dari mobil esemka rajawali yaitu dengan panjang : 5.035 mm, lebar : 1.690 mm, tinggi : 1.630 mm, bahan Bakar : Bensin, kapasitas Mesin : 1.500 cc SOHC 4 silinder + multi point injection, transmisi : 6 (1-2-3-4-5-R), max Speed : 180 Km/jam, max. Output : 105HP / 5.500 rpm, max Torque : 145 Nm / 4.100 RPM, power Stearing, central Lock System, power Windows, parking Censor, air conditioner dual zone, audio system + CD, daya tampung 7-8 penumpang. Rencananya mobil esemka akan dijual dengan harga sekitar 95 juta hingga 120 juta rupiah.  Namun dari hasil uji emisi yang telah dilakukan oleh mobil esemka rajawali ternyata mobil ini belum lulus uji emisi.
Dari hasil karya pelajar SMK tersebut yang sudah dapat membuat mobil merupakan suatu bukti prestasi anak bangsa yang terus meningkat. Esemka masih harus terus dikembangkan agar lebih layak dipergunakan dengan aman namun hasil karya tersebut merupakan pencapaian yang membanggakan serta telah memotivasi anak bangsa lain untuk terus membuktikan prestasi mereka untuk kemajuan bangsa.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar