Selasa, 12 April 2011

DAMPAK KENAIKAN HARGA BAGI PEMERINTAH

Kenaikan harga bukanlah hal yang asing lagi ditelinga masyarakat. Karena sudah sering kali kenaikan harga kadang terjadi dan membebani masyarakat. Bila pada tulisan saya yang sebelumnya, saya sudah membahas mengenai dampak kenaikan harga bagi produsen dan konsumen, maka sekarang yang akan dibahas ialah dampak kenaikan harga bagi pemerintah.

Jika terjadi kenaikan harga, maka masyarakat selalu ingat terhadap pemerintah. Itu semua karena naik atau tidaknya suatu harga ditentukan oleh pemerintah. Oleh karena hali ini pula jika terjadi kenaikan harga maka yang menjadi sasaran kekecewaan masyarakat ialah pemerintah khususnya DPR yang merupakan wakil rakyat, biasanya masyarakat melakukan kegiatan demo untuk mengkritik pemerintah atas kenaikan harga tersebut.

Namun jika diteliti lebih dalam, kenaikan harga bukanlah suatu keinginan pemerintah yang tanpa alasan. Semua itu dilakukan oleh pemerintah karena memiliki beberapa alasan misalnya saja karena alasan untuk mengangkat perekonomian dari keterpurukan. Namun alasan tersebut juga terkadang kurang dapat diterima karena pasti akan menimbulkan masalah social.

Langkah pemerintah dalam mengambil keputusan untuk menaikkan harga memang selalu diliputi oleh pro dan kontra dari semua pihak. Untuk itu bukanlah suatu hal yang mudah bagi pemerintah untuk mengambil suatu keputusan. Pemerintah harus dapat lebih berhati-hati dalam menentukan kebijakan apa yang paling baik untuk perekonomian dan kebijakan apa pula yang tidak terlalu membebani masyarakat. Jika pemerintah kurang berhati-hati dalam mengambil keputusan bisa saja pemerintah akan memancing gejolak masyarakat dan menghilangkan kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah.

Dari semua yang sudah dibahas dalam tulisan dampak kenaikan harga, dapat disimpulkan bahwa kenaikan harga bukan saja memeberikan dampak bagi produsen dan konsumen (masyarakat) saja, melainkan pemerintah juga ikut mendapatkan dampaknya pula walaupun dalam hal ini pemerintah lah yang menentukan kebijakan kenaikan harga tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar