Senin, 18 April 2011

DAMPAK PENDAPATAN NASIONAL BAGI LUAR NEGERI


Seperti pada tulisan sebelumnya mengenai dampak pendapatan nasional bagi dalam negeri, dalam tulisan ini akan membahas mengenai dampak pendapatan nasional bagi luar negeri. Pendapatan nasional bukan hanya akan memberikan dampak bagi dalam negeri saja, tetapi juga memberikan dampak bagi luar negeri.

Dari yang pernah dibahas pada tulisan dampak pendapatan nasional bagi dalam negeri, sudah dijelaskan pengertian dari pendapatan nasional, yaitu Pendapatan nasional ialah jumlah pendapatan yang diterima oleh seluruh rumah tangga keluarga (RTK) di suatu negara dari penyerahan faktor-faktor produksi dalam satu periode,biasanya selama satu tahun.

Dampak positif pendapatan nasional bagi luar negeri yaitu dapat meningkatkan hubungan kerja sama dengan Negara lain. Selain itu dapat menumbuhkan rasa persaudaraan dengan Negara lain sehingga akan tercipta suatu hubungan yang baik dengan Negara tersebut. Dan juga dapat meningkatkan derajat Negara terhadap Negara lain.

Selain memliki dampak positif yang telah disebutkan diatas, pendapatan nasional bagi luar negeri juga memiliki dampak negative. Dengan adanya hubungan terhadap Negara lain maka kebudayaan asing akan ikut terbawa masuk kedalam negeri secara bebas bahkan dapat menyebabkan tergesernya kebudayaan dalam negeri sendiri. Selain itu kadang rasa ketidak percayaan dan kecurigaan juga muncul dikarenakan jarak temu yang ada untuk melakukan transaksi jarang terjadi.

Kegagalan Indonesia di masa lalu dalam mengelola utang telah menyebabkan sebagian masyarakat alergi terhadap utang luar negeri dan menganggapnya sebagai beban yang harus dibayar mahal. Besarnya utang luar negeri saat ini telah menimbulkan pro kontra di kalangan masyarakat luas. Adanya utang yang sangat besar tersebut merupakan suatu ancaman terhadap stabilitas ekonomi dan kemandirian bangsa Indonesia jika tidak dikelola dengan baik.

Dari adanya dampak baik maupun buruk dari hubungan luar negeri tersebut dalam suatu Negara tetap membutuhkan adanya hubungan yang baik dengan Negara lain. Bukan hanya bidang ekonomi saja, namun dari bidang politik, social maupun lainnya. Hubungan baik bukan hanya harus dijalin bagi pihak antar dalam negeri saja melainkan hubungan dengan luar negeri juga memiliki arti penting untuk suatu Negara karena suatu Negara yang berdaulat haruslah diakui keberadaan nya oleh Negara lain. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar