Minggu, 10 April 2011

DAMPAK KENAIKAN HARGA BAGI PRODUSEN


Dalam suatu Negara sudah biasa jika terjadi turun naik dari suatu harga, khususnya didalam negeri kita sendiri yaitu Indonesia. Banyak pihak yang mendapatkan pengaruh dari kenaikan harga tersebut. Bukan hanya para konsumen, namun produsen dan pemerintah juga mendapatkan dampak dari kenaikan harga tersebut. Dan dalam tulisan ini saya akan membahas mengenai dampak kenaikan harga bagi produsen.


Kenaikan harga merupakan suatu masalah rumit yang sering terjadi dalam perekonomian, dan kenaikan harga dapat memberikan dampak langsung maupun tidak langsung terhadap hamper semua elemen masyarakat yang ikut terlibat didalamnya.
Produsen merupakan pihak yang melakukan kegiatan produksi ataupun sebagai penghasil komoditas ekonomi. Produsen sebagai pelaku produksi merupakan pihak yang dapat menjadikan bahan mentah atau setengah jadi menjadi suatu barang yang memiliki niali ekonomi atau menghasilkan suatu keuntungan bagi pihak yang bersangkutan. Disebut pula penghasil komoditas ekonomi jika produsen tersebut mengolah sesatu yang dimilikinya sehingga menghasilkan sesuatu benilai ekonomi, misalnya kebutuhan pangan yang dapat dijual mentah.

Produsen merupakan pihak yang termasuk mendapatkan kesulitan yang serius jika terjadi kenaikan harga. Semua itu dikarenakan produsen membutuhkan bahan baku untuk melakukan proses produksi, jadi jika harga bahan baku naik maka akan mempengaruhi produsen tersebut. Bahan baku merupakan hal paling utama untuk berjalan nya suatu produksi, jika bahan baku mengalami kenaikan harga maka pihak produsen harus mampu mengkalkulasikan antara pengeluaran dalam proses produksi dengan laba dari hasil produksi tersebut.

Jika terjadi kenaikan harga, produsen terpaksa harus mengambil langkah pintar untuk menangani masalah ini. Cara yang mungkin dapat diambil yaitu dengan menaikkan harga jual barang hasil produksi walupun resiko yang didapat yaitu tingkat penjualan barang mungkin akan menurun yang dikarenakan konsumen lebih meimilih untuk mencari harga yang lebih murah. Selain cara tersebut mungkin produsen juga dapat mengambil jalan lain yaitu produsen dapat menjual barang dengan harga sama namun ukuran barang dari hasil produksi tersebut diperkecil sehingga bahan baku yang dipakai juga berkurang. Biasanya cara seperti ini dipakai oleh produsen kue, sehingga konsumen tetap bertahan walaupun terkadang menuai protes.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar